Legenda Belanda Frank Rijkaard adalah nama besar terakhir yang telah dihubungkan dengan kursi kepelatihan Timnas Thailand.

Mantan pelatih Barcelona tersebut sebelumnya bekerja untuk negara Asia lain sebegai pelatih tim Arab Saudi antara tahun 2011 hingga 2013. Kini ia mengirimkan profile nya pada Football Association of Thailand (FAT).

“Kami telah menerima pofile dari Frank Rijkaard yang mana ia ingin melatih Timnas Thailand setelah Kiatisuk Senamuang mengundurkan diri dari kursi kepelatihan.” Sekjen FAT Pol. Lt. Pisan Judilok menyatakan pada media setempat The Bangkok Post.

“Presiden dari FAT Pol. Gen. Somyot Poompunmuang dan ketua teknis Witthaya Laohakul sedang sibuk dalam memilih pelath baru Thailand. Akan mengumumkan secara resmi secepat mungkin.”

karir kepelatihannya ia mulai saat melatih Belanda pada tahun 1998 hingga 2000 setelahnya ia melatih Sparta Rotterdam dan Galatasaray. Hingga akhirnya menuju puncak karir kepelatihannya saat menangani Barcelona di tahun 2003 sampai 2008.

Selama 5 tahun kepelatihannya di Nou Camp, ia memenangkan UEFA Champions League pada musim 200-2006 ditambah dengan dua kali meraih gelar La Liga. Ia juga yang berjasa menerbitkan pemain layaknya Xavi, Andres Inesta, hingga Lionel Messi.

Thailand merupakan salah satu tim yang disegani di kawasan Asia Tenggara dengan memenangkan AFF Cup sebanyak 5 kali dan menjadi yang terbanyak di antara negara kompetitor lain. Tapi para petinggi FAT inginkan selangkah lebih maju untuk menjadikan Thailand di segani di seluruh kawasan Asia dan mampu menembus babak kulifikasi Piala Dunia zona Asia.

Pelatih sebelumnya Kiatsuk, belum mampu membawa Thailand bersaing di level kawasan Asia dengan hasil mengecewakan di babak kualifikasi kalah dari Arab Saudi dengan hasil 3-0 dan di bantai oleh Jepang dengan empat gol tanpa balas.

Selain Frank Rijkraad ada beberapa nama besar lain yang di kaitkan oleh Thailand yaitu mantan pelatih Leicester Claudio Ranieri, mantan pelatih Argentina Alejandro Sabella, dan kedua pelatih Brazil Dunga maupun Zico.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY