Sepak bola Indonesia kini jadi perhatian negara tetangga khususnya di kawasan Asia Tenggara dengan kedatangan marquee player sekelas Michael Essien dan Peter Odemwingie. Hal itu diakui bek naturalisasi Indonesia yang kini bermain di Nakhon Ratchasima di Liga Thailand, Victor Igbonefo.

“Kedatangan Michael Essien dan Carlton Cole ke Persib juga jadi pembicaraan di sini (Thailand). Itu bagus untuk sepak bola Indonesia. Terutama untuk promosi sehingga bisa menarik sponsor baru baik dari dalam maupun luar negeri,” kata bek 31 tahun ini.

Selain sponsor, penonton juga akan lebih banyak yang datang langsung ke stadion untuk menyaksikan aksi-aksi para pemain bintang itu sehingga pendapatan klub juga akan naik dari tiket masuk.

Mantan bek Arema FC itu termasuk sangat mendukung adanya marquee player di Indonesia. Sekali pun banyak menganggap biaya tinggi yang dikeluarkan klub untuk pemain kelas dunia akan lebih efektif digunakan perbaikan fasilitas stadion.

“Tidak perlu ada yang cemburu dengan bayaran tinggi marquee player karena rezeki semua orang pasti ada. Apalagi sepak bola Indonesia akan semakin diminati, termasuk lewat live streaming,” imbuhnya.

Victor Igbonefo sebenarnya tertarik untuk bisa bermain dengan pemain dunia di Indonesia. Namun, tahun ini dia masih fokus untuk memperkuat Nakhon Ratchasima.

“Di Thailand saya belum tahu apakah nanti ada marquee player yang datang atau tidak. Saya akan fokus sini dulu karena masih ada kontrak. Mungkin tahun depan bisa saja ke Indonesia,” jelasnya.

Di sisi lain, belakangan dianggap standar pemain asing di Thailand lebih tinggi ketimbang Indonesia. Michael Essien sebelum ke Indonesia dikabarkan hampir ke Negeri Gajah Putih. Namun, eks gelandang Chelsea itu tidak lolos tes medis.

Tidak menutup kemungkinan nantinya justru ada pemain dunia lainnya yang menuju Liga Thailand. Sebab, popularitas kompetisi akan terdongkrak dengan adanya marquee player. (Bola.com)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY