Situasi telah berubah makin buruk bagi pelatih tim nasional U-23 Malaysia, Ong Kim Swee setelah tersisa dua pemain dalam pemusatan latihan jelang kualifikasi Piala Asia U-23 2018 pada 19-23 Juli.

Pada Rabu 5 Juli, Kim Swee tercengang saat hanya enam pemain yang datang dari 26 yang dipanggil untuk pemusatan latihan pada hari pertama pelatihan di Wisma FAM, Kelana Jaya.

Keenam yang hadir adalah Ahmad Khairil Anuar Zamri (Perak); Danial Amier Norhisham (Felda United); Irfan Zakaria (Kuala Lumpur); Amierul Hakimi Awang (Terengganu); Syahmi Safari dan Adam Nor Azlin (Selangor).

Namun, keadaan semakin memburuk kemarin, Kim Swee harus terima kenyataan, hanya dua pemain yang bertahan di Wisma FAM. Kedua pemain itu adalah Ahmad Khairil dan Syahmi yang terjerat. Sementara itu, empat pemain lainnya, Amierul Hakimi, Irfan, Adam dan Daniel, harus kembali ke tim mereka untuk Piala Malaysia.

Kim Swee mengatakan bahwa ia tidak punya pilihan selain melepaskan pemain yang fit kembali ke tim mereka.

“Setelah hanya enam pemain yang dilaporkan berlatih, Terengganu, Kuala Lumpur, dan Felda United meminta pemain mereka. Tim-tim itu menginginkan pemain mereka untuk pertandingan Piala Malaysia pekan ini dan pekan depan,” kata Kim Swee seperti dikutip dari The Star.

“Saya harus bersikap adil terhadap tim-tim ini. Jadi, saya memutuskan untuk membiarkan keempat pemain bergabung kembali dengan tim mereka untuk pertandingan yang akan datang. Mereka akan melaporkan kembali setelah dua pertandingan. Saya harus melihat cara alternatif untuk situasi ini untuk semua,” sambungnya.

Untuk dua pemain yang tersisa di Wisma FAM, Kim Swee mengatakan Syahmi akan melanjutkan rehabilitasi, sedangkan Ahmad Khairil belum bermain sejak lama karena cedera.

Sementara itu, Pelatih Felda United, B. Sathianathan mengatakan bahwa mereka meminta pengembalian Danial setelah membaca dari laporan surat kabar bahwa hanya enam pemain yang hadir untuk pelatihan.

“Saya merasa bahwa Danial akan lebih baik bersama klub karena Kim Swee tidak dapat berbuat banyak dengan hanya enam pemain, dua di antaranya cedera dalam latihan,” kata Sathianathan.

“Saya pernah menjadi pelatih nasional sebelumnya dan saya tahu tuntutannya sebelum turnamen. Saya tidak ragu untuk membebaskan anak asuh saya untuk panggilan nasional. Hanya saja kali ini tidak masuk akal dengan hanya enam pemain di pemusatan latihan nasional,” lanjutnya.

“Danial bermain dalam empat pertandingan terakhir dan sangat banyak dalam rencanaku. Ia harus menang dengan Felda dan ini bagus untuknya karena ia akan kembali dengan fit,” ujar Sathianathan.

Malaysia akan membuka kampanye mereka di Grup H kualifikasi Piala Asia U-23 2018 melawan Indonesia pada 19 Juli sebelum menghadapi tuan rumah Thailand (21 Juli) dan Mongolia (23 Juli).

Tim-tim Malaysia telah memilih untuk tidak melepaskan pemain mereka untuk pemusatan latihan dan kualifikasi AFC U-23 karena berbenturan dengan Piala Malaysia dan pertandingan M-League.
Ini tidak wajib bagi tim untuk melepaskan pemain mereka ke kualifikasi AFC U-23 karena ini merupakan turnamen kelompok usia. (Metrotvnews)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY