Vietnam tidak akan diperkuat salah satu bek andalannya, Truong Dinh Luat saat berjumpa Timnas Indonesia pada babak semifinal Piala AFF 2016, 3 dan 7 Desember 2016. Dinh Luat harus absen karena terkena sanksi larangan bermain.

Hukuman itu didapat bek tengah berusia 33 tahun setelah menerima kartu merah saat The Golden Stars mengalahkan Kamboja 2-1 dalam laga terakhir Grup B Piala AFF 2016 di Stadion Wunna Theikdi, Nay Pyi Taw, Sabtu (26/11/2016) malam.

Dinh Luat diganjar kartu merah oleh wasit asal Jepang, Kimura Hiroyuki setelah melakukan pelanggaran keras terhadap bintang Kamboja, Chan Vathanaka saat pertandingan baru berjalan tujuh menit. Meski bermain dengan 10 orang, Le Cong Vinh dkk. tetap berhasil meraih kemenangan di pertandingan ini.

Absennya Dinh Luat jelas menjadi sebuah kerugian bagi Vietnam. Maklum, sosok Dinh Luat begitu diandalkan pelatih Nguyen Huu Thang untuk menjaga jantung pertahanan bersama kompatriotnya, Que Ngoc Hai.

Terbukti, pemain yang memperkuat Becamex Binh Duong FC itu selalu dimainkan Huu Thang dalam tiga pertandingan Vietnam di penyisihan Grup B. Kecuali duel melawan Myanmar, ia selalu tampil penuh saat mengalahkan Myanmar 2-1 dan Malaysia 1-0.

Dinh Luat juga berada di jantung pertahanan Vietnam saat dua kali beruji coba dengan Timnas Indonesia jelang tampil di Piala AFF 2016.

Saat bermain imbang 2-2 dengan Tim Merah Putih di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Dinh Luat berduet dengan Au Van Hoan. Sedangkan dalam laga yang dimenangi Vietnam 3-2 di My Dinh Stadium, pemain yang sudah mengemas 36 caps berduet dengan Tranh Ding Dong.

Absennya Dinh Luat membuat duel leg pertama saat Timnas Indonesia menjamu Vietnam pada 3 Desember, tidak akan diperkuat beberapa pemain pilar di jantung pertahanan.

Jika di kubu Vietnam, Dinh Luat sudah pasti absen, maka Timnas Indonesia tidak bisa diperkuat Rudolof Yanto Basna dan Fachrudin Aryanto yang terkena sanksi akumulasi kartu. (Bola.com)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY