Thailand akhirnya meraih angka pertama mereka pada babak kualifikasi zona Asia Piala Dunia 2018 usai menahan seri tim kuat, Australia 2-2, Selasa (15/11) malam WIB. Pada laga di Bangkok tersebut, Thailand mampu menyamai level permainan Australia lewat dua gol striker mematikan mereka, Teerasil Dangda.

Angka pertama dari lima laga yang sudah dilakoni di Grup B ini pun jadi raihan sangat berharga bagi satu-satunya wakil asal Asia Tenggara itu pada kualifikasi Piala Dunia 2018. “Ini raihan yang sangat emosional. Satu poin yang akan membawa kebahagiaan bagi para pendukung Thailand,” kata pelatih Thailand, Kiatisuk Senamuang usai laga dikutip dari laman resmi AFC, Rabu (16/11).

Senamuang mengatakan, rasa sukacita tidak saja muncul karena ini adalah angka pertama untuk timnya selama mengikuti kualifikasi. Lebih dari itu, Senamuang juga bahagia karena poin tersebut diraih dari tim kuat yang punya standar permainan Eropa seperti Australia.

Pelatih 43 tahun ini pun yakin, lewat raihan angka bersejarah ini, Thailand bisa lebih percaya diri menghadapi laga-laga selanjutnya. Dengan sisa lima pertandingan melawan Arab Saudi, Jepang, UEA, Irak, dan tandang melawan Australia, Thailand diyakininya bisa berbuat banyak. “Tiga di antara lima laga akan digelar di Stadion Rajamangala National (markas Thailand). Kami yakin bisa mengumpulkan lagi angka demi angka.”

Thailand saat ini masih jadi juru kunci Grup B dari enam tim dengan satu angka akibat baru meraih sekali seri usai empat kali kalah beruntun. Tim Gajah Putih tertinggal sembilan angka dari Arab Saudi serta Jepang yang menduduki peringkat satu dan dua klasemen. Peringkat satu dan dua di akhir kualifikasi nanti akan lolos langsung ke Rusia.

Sementara itu, Thailand masih bisa berharap lolos juga via laga play off. Syaratnya, juara empat kali Piala AFF ini harus bisa duduk di peringkat ketiga klasemen. Saat ini, peringkat ketiga masih diduduki Australia yang masih dikuntit UAE karena sama-sama punya sembilan angka.

Nantinya, jika sudah ada di posiilsi ketiga, Thailand harus melawan penghuni peringkat yang sama asal Grup A. Andai menang, Thailand tinggal melawan pemenang dari skema yang sama asal zona CONCACAF untuk meraih tiket terakhir menuju Rusia. (Republika)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY