Timnas Indonesia akan menjadi lawan Vietnam di semifinal Piala AFF 2016. Tim asuhan Alfred Riedl akan lebih dulu bertindak sebagai tuan rumah pada 3 Desember 2016 sebelum gantian bertandang ke markas Vietnam pada 7 Desember 2017.

Vietnam sendiri melaju ke semifinal setelah menorehkan hasil sempurna di Grup B. Tak ada tim di Grup B yang mampu menghentikan laju mereka. Menang 2-1 atas Myanmar, 1-0 atas Malaysia, dan 2-1 atas Kamboja adalah rapor Vietnam.

“Kami menjalani laga yang bagus hingga merebut takhta Grup B. Namun, tim masih memiliki kekurangan dan kami harus mengatasinya. Kami harus bisa membenahinya karena kami bertekad mengalahkan Indonesia di semifinal,” kata Le Cong Vinh, kapten dan penyerang Vietnam, seperti dikutip Dan Tri.

Berbeda dengan Timnas Indonesia yang lajunya sedikit tersendat. Setelah kalah 2-4 dari Thailand, skuat Merah Putih juga sempat ditahan Filipina 2-2. Beruntung, Timnas Indonesia bisa menang 2-1 atas Singapura pada laga penentu.

Sebelumnya, kedua tim juga sempat menjalani pertemuan dalam ajang uji coba sebelum Piala AFF 2016 digulir. Pada pertemuan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, 9 Oktober 2016, kedua tim bermain 2-2. Gol Le Van Thang dan Vu Minh Tuan dibalas Zulham Zamrun dan Irfan Bachdim.

Selanjutnya, kedua tim kembali bertemu di Hanoi pada 8 November 2016. Pada duel kali ini, Timnas Indonesia takluk 2-3 dari Vietnam. Cong Vinh menyumbang satu dari tiga gol Vietnam. Sementara dua gol Timnas Indonesia dicetak Boaz Solossa dan Irfan.

“Para pemain memahami seberapa besar harapan dari para penggemar untuk tim ini. Kami sendiri bertekad untuk merebut tiket final. Kami akan mencoba sebaik mungkin untuk mewujudkannya,” tutur Cong Vinh.

Di sisi lain, Timnas Indonesia belum menentukan venue yang akan dijadikan sebagai kandang saat menjamu Vietnam. Rencananya, keputusan soal penentuan itu akan diumumkan pada Senin (28/11/2016). (Liputan 6)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY