Berstatus juara bertahan sekaligus dianggap sebagai tim terkuat di Asia Tenggara saat ini tidak membuat Timnas Thailand tenang. Menghadapi persaingan di SEA Games 2017, setelah melihat hasil undian grup, pelatih Timnas Thailand U-22 mengungkapkan kegelisahannya.

Seperti dilansir dari situs resmi Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT), Sabtu (8/7/2017), pelatih Timnas Thailand U-22, Worrawoot Srimaka, menilai tim asuhannya berada di grup berat.

“Saya khawatir setelah mengetahui hasil undian. Saya mengakui kami berada di grup berat karena semua tim punya kekuatan seimbang,” ujarnya.

Selain karena berada dalam satu grup dengan Indonesia dan Vietnam, Grup B yang terdiri dari enam tim peserta jadi sumber kekhawatiran lain Worrawoot Srimaka.

“Kami harus bertanding setiap hari. Sekarang saya harus fokus memikirkan bagaimana menjaga tim yang memiliki jadwal bermain padat. Bagaimana saya harus menjaga permainan tim serta kebugaran pemain. Kami harus fokus pada setiap pertandingan,” tutur pelatih 45 tahun itu.

Worrawoot Srimaka mengungkapkan bila target awal tim asuhannya adalah terlebih dulu lolos ke semifinal.

“Kami harus lolos penyisihan grup dulu. Mau jadi juara grup atau runner-up tidak masalah, sekali pun di semifinal harus bertemu tim tuan rumah. Kami tidak peduli, yang penting kami harus ke semifinal dan ke final,” ujarnya.

Sebagai catatan, Timnas Thailand merajai perolehan medali emas di SEA Games. Sejak SEA Games 1977 hingga SEA Games ke-28 pada 2015 di Singapura, Timnas Thailand sudah mengoleksi 13 medali emas, 2 medali perak, dan 2 medali perunggu.

Salah satu prestasi yang mencolok diukir Timnas Thailand (ketika itu SEA Games belum dikhususkan untuk pemain U-22) adalah saat menyabet delapan medali emas secara beruntun pada SEA Games edisi 1993 hingga SEA Games 2007.

Timnas Thailand juga merebut medali emas di dua edisi terakhir SEA Games, 2013 dan 2015. Tidak heran, meski pernyataan sang pelatih terkesan merendah, Timnas Thailand U-22 tetap jadi salah satu tim favorit juara serta pesaing tangguh bagi Timnas Indonesia U-22 di Grup B SEA Games 2017. (Bolacom)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY