Setelah bergulir selama 11 edisi sejak 1996, Piala AFF (dulu bernama Piala Tiger), FIFA akhirnya melabeli dan mengesahkan Piala AFF sebagai turnamen kategori A.

Selama ini, Piala AFF hanya dianggap FIFA sebagai sebuah partai persahabatan biasa dan poin yang dihasilkan dari turnamen dua tahun sekali ini hanya berdampak pada penghitungan poin di AFF, tidak di FIFA.

Seperti dilansir dari ESPN Asia, Selasa (8/11/2016), menyusul pengesahan itu, Piala AFF 2016 akan masuk dalam sistem penghitungan poin FIFA, yang salah satunya bakal berdampak pada ranking timnas di FIFA.

“Baru-baru ini kami sudah mendapatkan pengesahan dari AFC bila Piala AFF sekarang masuk dalam penghitungan poin FIFA,” ujar Datuk Seri Azzuddin Ahmad, Sekjen AFF.

“Kami mendapat dukungan dari 11 negara anggota AFF. Berkat dukungan mereka, gengsi Piala AFF kini makin meningkat,” imbuhnya.

Datuk Seri Azzuddin Ahmad menambahkan bila Piala AFF memberikan jaminan tontonan tidak hanya di regional ASEAN melainkan juga dunia. “Piala AFF jadi turnamen premier (utama) kami, alat kami menembus pasar (dunia),” lanjut Datuk Seri Azzuddin Ahmad. (Bola.com)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY