Wasit seharusnya menjadi sosok yang dihormati dan disegani atas segala keputusannya saat memimpin sebuah pertandingan. Tapi di sepakbola Indonesia, norma itu tak terlihat.Wasit justru kerap menjadi bulan-bulanan pemain akibat keputusan yang diambil tidak tepat dan tak jarang memihak ke salah satu tim. Ini membuat PSSI harus melakukan sesuatu.

Untuk meningkatkan kinerja wasit sepakbola di Indonesia, PSSI merekrut George Cumming. Dia ditunjuk menjadi konsultan wasit. Pria asal Skotandia itu juga seorang instruktur dan juga mantan Direktur Wasit FIFA.

Diharapkan, dengan kehadiran Cumming, bisa memberikan peningkatan kinerja wasit, berdasarkan pengalamannya sebagai sang pengadil. Langkah ini disambut baik oleh manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar.

“Ya, itu (perekrutan konsultan wasit) bagus. Jadi supaya wasit-wasit bisa menjadi wasit yang profesional. Biar mereka tidak merugikan tim,” kata Umuh saat dihubungi VIVA.co.id.

“Saya mau, wasit-wasit yang tidak menjalankan tugasnya dengan baik, bisa dikasih pelajaran lagi dan tidak ada lagi wasit-wasit bodoh di Indonesia,” ujarnya. (Viva)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY