Tim nasional futsal putra Indonesia akan tetap mengkuti pertandingan dalam SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, Agustus 2017, kata Sekretaris Jenderal Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia Ratu Tisha Destria, di Jakarta, Kamis (20/7).

“Ketua Umum PSSI telah mengarahkan timnas futsal putra akan tetap berangkat sesuai jadwal,” kata Tisha selepas rapat bersama Sekretaris Jenderal Federasi Futsal Indonesia (FFI) Edy Prasetyo terkait persiapan keberangkatan timnas futsal Indonesia ke Malaysia.

Klarifikasi PSSI itu muncul menyusul informasi terkait pengunduran timnas futsal putra Indonesia dari pesta multi-cabang olahraga ASEAN itu dari pelatih kepala Vic Hermans.

PSSI dan FFI, lanjut Tisha, telah membahas persiapan keberangkatan timnas futsal putra Merah-Putih ke Malaysia pada Agustus dalam rapat yang berlangsung di Kantor PSSI Jakarta. “Kami memerlukan waktu dua hingga tiga hari untuk mengolah lebih lanjut informasi yang kami terima dan kendala-kendala yang ada,” ujar Tisha.

PSSI dan FFI, menurut Tisha, akan menanggung pembiayaan keberangkatan tim futsal Indonesia ke Malaysia menyusul hasil rapat koordinasi kedua pengurus cabang olahraga itu.

“Hal-hal teknis yang kami bahas antara lain pembiayaan keberangkatan dan persiapan keberangkatan. Secara teknis, tim telah siap karena mereka juga sudah terdaftar dalam SEA Games,” ujar Tisha.

Sementara, Edy mengatakan persiapan tim jelang SEA Games ke-29 itu akan segera dimatangkan menyusul keikutsertaan para pemain dalam Kejuaraan Klub Futsal AFF 2017. “Sebagian pemain dalam tim masih mengikuti Kejuaraan Klub Futsal AFF. Itu tidak masalah karena mereka mengikuti kejuaraan resmi futsal,” kata Edy.

Edy menegaskan tidak ada pernyataan resmi dari pimpinan FFI tentang penguduruan diri timnas futsal Indonesia dalam SEA Games 2017. “Tidak ada pimpinan FFI yang menyebut mundur, demikian juga PSSI. Bahwa ada penundaan atas persiapan iya dan itu segera diselesaikan antara pimpinan FFI dengan PSSI,” ujar Edy.

Pada Selasa (18/7), asisten pelatih timnas futsal putra Indonesia Yori van der Torren kepada media mengaku sempat menerima informasi terkait pengunduran diri timnas futsal dari SEA Games.

“Saya dan tim pelatih hanya diberitahu kalau mundur dari SEA Games. Sejauh ini belum ada alasannya. Kami juga sudah menunggu para pemain untuk berlatih di Lombok sejak awal Juni. Sampai saat ini, tidak ada pemain yang datang,” kata Yori. (Republika)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY