Ketika ditunjuk sebagai pelatih Timnas Futsal Indonesia per 3 Februari 2017, Victor Hermans langsung diberikan target oleh Federasi Futsal Indonesia (FFI). Ketua FFI, Hary Tanoesoedibjo, menargetkan Vic Hermans membawa Indonesia melaju ke Piala Dunia Futsal 2020.

Gentarkah Vic Hermans dengan beban yang diberikan FFI? Jawabannya tidak. Pelatih yang baru saja berulang tahun ke-64 pada 17 Maret 2017 optimis membawa Indonesia tampil di putaran final Piala Dunia Futsal 2020.

Setidaknya ada dua alasan mengapa Vic Hermans begitu yakin mampu merealisasikan hal itu. Pertama, pelatih berpaspor Belanda itu berpengalaman membawa beberapa negara melaju ke putaran final Piala Dunia Futsal. Sebut saja Hong Kong, Malaysia, Iran dan Thailand.

Kedua, adalah sumber daya pemain. Sosok yang awalnya berkarier sebagai pesepakbola itu takjub dengan kualitas pemain yang dimiliki Indonesia, terutama pemain-pemain muda.

Saat ini setiap Selasa, Rabu dan Kamis, Vic Hermans memimpin latihan Timnas Futsal U-20 yang berjumlah 18 pemain di Yogyakarta. Personel Timnas Futsal U-20 dipersiapkan untuk tampil di Piala Asia Futsal U-20 yang berlangsung di Thailand pada 16-26 Mei 2017.

Tidak hanya diperuntukkan tampil di Piala Asia Futsal U-20, 18 pemain yang menjalani training center juga diproyeksikan mentas di Piala AFF senior yang berlangsung akhir Oktober 2017.

Tampil maksimal sangat diwajibkan di ajang itu. Sebab ajang itu sebagai kualifikasi untuk tampil di Piala Asia 2018. Indonesia wajib lolos ke semifinal untuk memesan satu tempat di putaran final Piala Asia 2018.

Begitu juga di Piala Asia 2018, Indonesia wajib menembus semifinal untuk melaju ke putaran final Piala Dunia 2020. Karena itu, Vic akan mempersiapkan timnya dengan sungguh-sungguh demi menuntaskan misi yang dibebankan FFI, lolos ke Piala Dunia Futsal 2020.

“Saya percaya kami bisa melakukannya karena mempunyai pemain serta talenta yang memiliki potensi untuk mewujudkan hal itu. Tahun depan, ada Piala Asia 2018 yang merupakan Kualifikasi Piala Dunia. Karena itu, kami memiliki waktu dua tahun untuk mewujudkan hal itu,” kata Vic Hermans kepada Okezone, dalam wawancara yang dilakukan beberapa waktu lalu. (Okezone)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY