Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria, memastikan Persib Bandung tidak boleh didukung suporternya di dalam stadion dalam lima laga di Liga 1 2017 baik kandang maupun tandang.

Klub berjulukan Maung Bandung tersebut harus menjalani hukuman dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI akibat suporter melempari botol air mineral ke dalam lapangan saat Persib menjamu Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (22/7/2017).

Persib sudah menjalani satu kali hukuman saat melakukan pertandingan tandang melawan Perseru Serui di Stadion Marora, Kepulauan Yapen, Papua Barat, pekan lalu.

Saat menjamu PS TNI di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, pada Sabtu (5/8/2017), bobotoh juga tidak boleh dipersilakan hadir.

Pernyataan Tisha ini bertolak belakang dengan perkataan Manajer Persib, Umuh Muchtar.

Di laman resmi Persib, dia mengatakan bahwa bobotoh dipersilakan datang untuk mendukung Atep dan kawan-kawan dengan catatan tidak boleh mengenakan atribut.

“Persib tidak boleh didampingi oleh suporternya di dalam stadion,” kata Tisha di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (1/8/2017).

“Itu kami harus luruskan bersama, tetapi di situs web PSSI dan liga juga sudah tertera bahwa dilarang pendampingan bukan tanpa antribut, tetapi memang tanpa suporter,” katanya.

Dengan adanya pemberitaan di web Persib, Tisha mengatakan itu bukan mengklaim sepihak dari manajemen Maung Bandung.

Nantinya, Tisha akan berkomunikasi lagi kepada manajemen Persib agar mereka bisa mengerti dengan hukuman yang sudah dijatuhkan.

“Bukan klaim sepihak, tetapi dinamika klub di Indonesia harus dirangkul bersama dan menerima keputusan hukuman itu,” kata Tisha.

“Saya akan komunikasi lebih lanjut dan hukuman itu sudah jelas tanpa penonton,” tuturnya.

Tisha mempersilakan manajemen Persib untuk melakukan banding jika tidak menerima keputusan tersebut.

Namun, untuk banding, itu harus sesuai dengan prosedur yang sudah tertera di PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan juga PSSI.

“Pasti akan ada hukuman tambahan, misalnya ketika Persib sedang banding dan ada suporter masuk untuk menyaksikan pertandingan,” tutur Tisha.

Terkait penyertaan Tisha, Umuh belum memberikan respons terkait hal ini. (Kompas)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY