Supporter fanatik Persib Bandung ‘Viking’ akhirnya diperbolehkan menyaksikan laga Persegres kontra Persib di Stadion Petrokimia Gresik besok (3/4) malam. Suppoter Viking dipersilakan datang asal tidak mengenakan atribut kebesaran Persib. Selain itu, supporter dengan warna kebesaran warna biru itu hanya dibatasi 3.000 penonton oleh Panpel Persegres dan ditempatkan tribun VIP selatan.

Sebelumnya, aparat kepolisian dari Polres Gresik melarang supporter Persib datang ke Stadion Petrokimia Gresik. Pasalnya, kondisi stadion tersebut tidak layak karena masih dalam perbaikan khususnya di titik tribun 1, 2, dan 6.

“Sudah ada kesepakatan supporter Persib Viking dipersilakan datang asal tidak mengenakan atribut. Untuk mengantisipasi hal itu, sebelum pertandingan kami melakukan razia,” ujar Kabagops Polres Gresik, Kompol Nur Halim kepada wartawan, Selasa (2/04/2017).

Kompol Nur Halim menjelaskan, ada beberapa pertimbangan kenapa supporter Persib dilarang mengenakan atribut dan dibatasi. Pertama, Stadion Petrokimia Gresik mengalami kerusakan dan masih dalam perbaikan. Jika tetap dipaksakan dikuatirkan terjadi ‘force majure’. Alasan kedua, dalam perbaikan tersebut ada tumpukan beberapa material sehingga dikuatirkan saat terjadi chaos bisa membahayakan.

“Intinya kami tetap mengizinkan ada pertandingan sepak bola asal tidak ada supporter lawan yang kami pakai atribut, dan kesepakatan itu sudah disepakati secara tertulis antara Panpel Persegres dengan supporter Ultrasmania,” paparnya.

Ia menambahkan, terkait dengan razia supporter tidak hanya diperuntukkan bagi supporter Persib Viking. Tapi, aturan itu juga diberlakukan bagi supporter Persegres Ultramania. Dalam kesepakatannya, polisi bakal menindak dengan tegas supporter yang tidak mengenakan helm maupun knalpot brong.

“Kalau sampai ada supporter tidak mengenakan helm dan menggunakan sepeda motor knalpot brong langsung kami amankan,” tambahnya.

Sementara, perwakilan supporter Viking di Gresik, Doni Ridwan, dirinya bersama supporter lainnya kecewa tidak diperbolehkannya menyaksikan pertandingan Persegres kontra Persib. Selain sudah terlanjur membeli tiket kereta api, sebagian besar supporter juga membayar DP kepada pemilik bus yang disewa.

“Suporter Viking tetap berharap bisa datang ke Gresik,” tuturnya. (Beritajatim)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY