Kisruh Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) yang mendera Sepak Bola di Indonesia menjadi masalah terberat yang di persepakbolaan Indonesia musim ini.

Salah satu klub yang paling disoroti karena masalah KITAS ini adalah Persib Bandung. Hal itu karena mereka memiiki dua pemain bintang asal eropa yaitu Michael Essien dan Carlton Cole. Bahkan dikabarkan mereka juga tidak mempunyai KITAS untuk tinggal di Indonesia.

Namun kejelasan soal nasib Essien dan Cole akhirnya jelas. Karena kemarin Kemenakertrans, bersama Kemenpora, PSSI, PT LIB, Ditjen Pajak, dan BOPI menggelar rapat tertutup yang bertujuan untuk mencari jalan tengah untuk permasalahan ini.

Dan pada akhirnya rapat itu menghasilkan kesepakatan bahwa seluruh klub di Indonesia harus memiliki Izin Menggunakan Tenaga Kerja Asing (IMTA). PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator liga diminta untuk segera mengurusi itu semua.

Dengan hasil itu semua, Maruli A. Hasoloan sebagai Dirjen Binapentra dan PKK Kemenaker mengatakan bahwa izin tinggal Essien dan Cole adalah sah dan mereka tidak illegal tinggal di Indonesia.

“Mereka datang ke Indonesia dengan menggunakan visa kunjungan. Jadi mereka itu menggunakan Izin Tinggal Kunjungan untuk resmi tinggal di Indonesia,” ungkap Maruli.

“Terkait aktivitas Essien dan Cole di Persib sebenarnya adalah kesalahan dalam mengambil prosedur. Seharusnya mereka mengajukan permohonan IMTA dulu baru mengajukan izin tinggal terbatas di Kantor Imigrasi Bandung,” terangnya.

Pihak imigrasi juga mengaku telah mengeluarkan surat peringatan terhadap kedua pemain asing yang pernah menghantarkan Chelsea juara Liga Inggris ini.

Oleh karena itu, Persib selaku pengguna jasa Essien dan Cole diminta untuk segera mengurusi IMTA agar kedua pemain bintangnya ini tidak lagi bermasalah dengan masalah administrasi.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY