Para wasit asing dari Australia dan Kyrgystan yang didatangkan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyatakan siap memimpin jalannya laga Liga 1 pekan ke-18. Salah satu wasit asing tersebut, Shaun Robert Evans asal Australia yang bekerja di Liga Australia A-League, menyatakan mereka akan memperlihatkan standar terbaik dalam bertugas.”Saya datang ke sini untuk membantu dan memantapkan standar tertinggi seperti yang kami lakukan di A-League di sepak bola Indonesia. Kami pasti akan melakukan yang terbaik dan menjadi contoh yang baik bagi liga teratas di Indonesia,” ujar Shaun, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Kamis (3/8). Dia melanjutkan, dirinya dan rekan sudah memantau persepakbolaan Indonesia dari berita dan video pertandingan terkini.

Shaun pun menyadari keadaannya tidak akan sama dengan yang biasa mereka hadapi di negaranya. “Kami sadar bagaimana tensi dan tekanan yang diberikan kepada wasit sedikit berbeda dari A-League, tetapi kami akan selalu konsentrasi dan bekerja keras dalam membuat keputusan di pertandingan,” tutur Shaun.

Salah satu hal yang menjadi perhatian para wasit asing tersebut adalah suasana pertandingan yang bisa saja kacau ketika ada hal-hal tidak diinginkan terjadi di lapangan. Oleh karena itu, keenam wasit tersebut akan berusaha membuat kebijakan-kebijakan yang adil, berusaha menenangkan situasi laga sembari memastikan permainan tetap berjalan menarik.

“Kami akan melakukan pendekatan berupa sikap tubuh dan isyarat tangan yang tegas dan menggunakan sikap yang mudah dipahami semua pemain sepakbola di seluruh dunia. Intinya gunakan banyak bahasa tubuh untuk mengekspresikan sikap sebagai pengadil. Kami juga belajar beberapa dasar di bahasa Indonesia seperti ‘ya’ atau ‘tidak’,” kata Shaun.

Dia pun berharap apa yang mereka lakukan nantinya bisa menjadi contoh bagi wasit-wasit lain di Indonesia. “Kami akan berbagi ilmu yang berbeda berdasarkan pengalaman kami. Kami juga sangat senang bisa mendengarkan masukan dan saran tentang sepak bola Indonesia,” tutur dia.

Seperti dikabarkan sebelumnya, PSSI mendatangkan tiga wasit Australia dan tiga wasit Kyrgyzstan sebagai bagian dari usaha untuk meningkatkan kualitas Liga 1. Keenam wasit itu akan bertugas pada periode pertama penugasan wasit asing, dari tiga periode yang direncanakan, dengan masa tugas hingga tanggal 15 Agustus 2017. (Republika)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY