Manajemen Persiba Balikpapan akan memilih Stadion Benuo Taka sebagai kandang untuk laga Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo. Dengan catatan, stadion milik Pemkab Penajam Paser Utara itu lolos verifikasi.“Kalau Stadion Benuo Taka lolos verifikasi, kita pilih,” kata Sekretaris Umum Persiba Balikpapan Irvan Taufik di Balikpapan, Kamis (27/10/2016), seperti dinukil dari Antara.

Jarak Stadion Benuo Taka sebetulnya tak lebih dari 10 kilometer dari pusat Kota Balikpapan. Namun karena ada Teluk Balikpapan di antaranya, maka jadi diperlukan tak kurang dari 60 menit efektif untuk mencapai stadion itu dari Balikpapan. Ada masa sekitar 20 menit yang diperlukan untuk menyeberang teluk dengan kapal cepat.

Balistik (julukan suporter Persiba) dan berbagai basis suporter Persiba lainnya akan mudah datang ke stadion untuk mendukung tim kesayangan mereka itu. Bahkan, dapat dipastikan tim berjuluk Beruang Madu itu akan mendapat banyak suporter baru, yaitu warga Penajam Paser Utara.

Kehadiran Persiba juga akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat setempat. Sebab, dipastikan ada ribuan suporter Persiba dan tim lawan yang akan menyerbu daerah itu untuk menyaksikan timnya bertanding.

“Sekarang ini kami menunggu undangan Pemkab Penajam Paser Utara untuk melihat kondisi stadion, lalu kami mengundang penyelenggara liga untuk memverifikasi stadion,” ucap Irvan.

Persiba Balikpapan terancam tidak punya kandang setelah PT Pertamina (Persero) selaku pemilik Stadion Parikesit dan Pesora membongkar kompleks olahraga dan perumahan di kawasan Karanganyar pada Maret 2017. Kawasan itu akan digunakan untuk kilang minyak Balikpapan.

Pilihan lain bagi Persiba adalah menjadi tim musafir. Pemerintah Kota Balikpapan menawarkan pindah sementara ke Stadion Mulawarman, Bontang. Stadion yang dulu jadi markas PKT Bontang itu bisa ditempuh lebih kurang lima jam perjalanan darat dari Balikpapan.

Persiba juga bisa menumpang di Stadion Sultan Agung, markas Persiba Bantul, Yogyakarta. “Stadion Mulawarman dan Stadion Sultan Agung jelas tak bermasalah diverifikasi, tapi namanya juga tim musafir, Persiba akan jauh dari suporternya. Pertandingan kandang jadi serasa tandang, dan kemungkinan menang dan dapat poin jadi menurun,” pungkas Irfan.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY