PSSI masih memproses keinginan PT Liga Indonesia Baru untuk mendatangkan wasit asing pada putaran kedua Liga 1 2017.

Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, mengakui penggunaan wasit asing di Liga 1 2017 tengah berada dalam proses administrasi. Ratu Tisha menyebut PSSI bersurat dengan 10 federasi sepak bola yang terkait dengan program FIFA Referee. Dia berharap nama-nama wasit asing yang akan digunakan di Liga 1 2017 bisa dirilis pada 2 Agustus 2017.

“Memang saat ini bola ada di PSSI dan kami sudah berkirim surat ke 10 negara untuk mempromosikan FIFA Referee. Perlu diketahui bahwa jumlah wasit di setiap negara itu jumlahnya tidak banyak. Selain itu, FIFA Referee bisa saja tengah bertugas di negara-negara lain. Jadi ini adalah pekerjaan tersendiri bagi kami,” ujar Sekjen PSSI, Ratu Tisha, Senin (24/7/2017).

Tisha juga menyebut telah memiliki nama-nama wasit yang menjadi incaran untuk bertugas di Indonesia. Namun, bicara soal jumlah wasit yang akan didatangkan, Ratu Tisha menegaskan bahwa jumlah wasit dalam FIFA Referee tidak terlalu banyak.

“Sejauh ini ada nama-nama yang sudah masuk, tapi kami masih mengonfirmasi secara administratif. Soal jumlahnya, kami tidak akan muluk-muluk. Stok wasit itu tidak banyak, dan kemungkinan besar hanya tiga beserta asistennya,” ujarnya.

Mengenai teknis penggunaan wasit asing di Liga 1 2017, PSSI belum bisa memberikan kejelasan, termasuk apakah wasit yang bertugas akan terus berada di Indonesia atau hanya datang saat mendapatkan giliran memimpin pertandingan. Namun, diharapkan pada 2 Agustus 2017 semua urusan teknis, termasuk nama-nama wasit yang akan digunakan di Liga 1 2017 bisa rampung dan diumumkan. (Bolacom)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY