Marquee player Borneo FC, Shane Smeltz, mendapat panggilan membela Tim Nasional (Timnas) Selandia Baru untuk berlaga di Piala Konfederasi 2017  Rusia, 17 Juni hingga 2 Juli 2017. Smeltz mendapat jabatan kapten tim All Whites.

Ini merupakan sebuah kejutan, megingat umur Smeltz yang sudah tidak muda lagi. Pemain yang berposisi sebagai striker itu saat ini berumur 35 tahun.

Apalagi, Smeltz belum menunjukkan kualitas yang bagus bersama Borneo FC di Gojek Traveloka Liga 1. Ia baru mengemas satu gol dari 6 laga.

Di sisi lain, Timnas Selandia Baru berhak mengikuti Piala Konfederasi 2017 sebagai wakil dari Benua Oseania. Timnas Selandia Baru akan bersaing di Grup A babak penyisihan grup bersama tuan rumah Rusia, juara Euro 2016 Portugal, dan wakil Amerika Utara serta Tengah yang sekaligus juara Piala Concacaf 2015, Meksiko.

Sedangkan Grup B dihuni oleh juara Piala Afrika 2017 Nigeria, jawara Copa America 2016 Cile, juara Piala Asia 2015 Australia, dan juara Piala Dunia 2014 Jerman. 

Piala Konfederasi merupakan sebuah turnamen yang mempertemukan timnas negara-negara yang berhasil menjadi juara kejuaraan di benuanya masing-masing. Piala Konfederasi merupakan ajang pemanasan persiapan sang tuan rumah Piala Dunia yang bakal diadakan setelah turnamen ini. 

Turnamen yang juga disebut Piala Dunia mini ini diadakan setiap empat tahun sekali atau setahun sebelum Piala Dunia. Piala Konfederasi 2017 digelar di Rusia yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 mendatang.

Empat tahun lalu, Brasil keluar sebagai juara Piala Konfederasi. Saat itu, Brasil menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014. (Indosport)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY