PSSI lakukan kerja sama dengan British Council, organisasi internasional Inggris untuk hubungan budaya dan kesempatan pendidikan, serta Premier League yang merupakan kompetisi kasta tertinggi di Inggris.Kerja sama ini untuk lakukan pengembangan skill wasit di tanah air bertajuk “Premier Skill”. Kursus pengembangan wasit ini merupakan kali pertama dilakukan di Jakarta dan telah dimulai sejak 24 hingga 30 Juli 2017.

Acara ini diikuti oleh 60 peserta dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk di dalamnya empat wasit perempuan yang memiliki keinginan kuat menjadi seorang wasit profesional.

Ke-60 wasit ini sekarang memiliki keterampilan dan dukungan untuk lebih meningkatkan pengetahuan serta pengalaman mereka menjadi wasit.

Graham Laws, pelatih dan wasit untuk profesional game match official (PGMOL) dan bertanggung jawab atas pengembangan kepelatihan wasit di Inggris, mengaku senang bisa membagi ilmu pengetahuan di Indonesia.

Sebab, dia ingin mengembangkan skill wasit sebagai komitmen Premier League mendukung sepakbola di semua negara.

“Kami sangat bersemangat melaksanakan inisiatif khusus pengembangan wasit di Indonesia. Wasit yang ikut serta di program ini akan mendapatkan kesempatan untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan pengalaman mereka sebagai wasit,” kata Laws dalam jumpa pers di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Minggu (30/7/2017).

“Program ini akan membantu untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, pengambilan keputusan dan kepemimpinan mereka yang sangat bermanfaat untuk mereka sendiri,” lanjutnya.

Sementara itu, Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria mengaku mendukung penuh kegiatan ini. Tisha berterima kasih kepada British Council dan Premier League atas terselenggaranya acara ini.

“Sebagai badan yang mengatur sepak bola di Indonesia, PSSI berkomitmen untuk melindungi program Laws of the Game. Nantinya, ini akan diterjemahkan ke dalam kinerja wasit dan juga program PSSI untuk mengembangkan kinerja wasit jangka menengah,” ujarnya.

“Kami berterima kasih atas program yang telah dilaksanakan oleh British Council dan Premier League untuk acara ini. Kami berharap akan ada kolaborasi selanjutnya,” tandas Tisha. (Suara)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY