Indonesia dan negara-negara Asean berencana mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034 mendatang.

Isu tersebut sempat disinggung saat pertemuan anggota-anggota AFF di Vietnam pada 1 Juli lalu. Nantinya, Indonesia akan menjadi tuan rumah pertemuan AFF pada 23 September mendatang yang membahas isu mengenai kans menjadi tuan tuan rumah piala dunia.

“Indonesia akan menjadi tuan rumah AFF Council Meeting sekaligus AFF Awarding Night pada 23 September 2017 di Nusa 2 Bali. Termasuk nanti membicarakan isu World Cup 2034,” kata Joko Driyono di Kantor PSSI, Kuningan, Senin (3/7/2017).

“Indonesia akan jadi consortium leader di Asia Tenggara untuk membahas konsorsium bidding World Cup 2034. Ini sudah diproses karena final bidding-nya di 2026. Apalagi untuk 2034 peserta piala dunia sudah dikonfirm menjadi 48 negara,” imbuhnya.

Menurut Joko, menjadi tuan rumah Piala Dunia memiliki urgensi bagi negara-negara Asia Tenggara untuk melakukan percepatan kualitas sepak bola seperti fasilitas dan sebagainya.

Pemilihan tahun 2034 karena dianggap sudah pas dengan urutan giliran tuan rumah Piala Dunia.

“Jadi setelah Afrika, kemudian Brasil, lalu berlanjut ke Asia. Kalau itu diputar lagi, jatuhnya di 2034,” tuntasnya. (Inilah)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY