Kongres pemilihan ketua umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) yang sempat tertunda kabarnya akan digelar di Jakarta pada 10 November mendatang, Selasa (25/10/16).

Kongres PSSI yang rencananya diadakan pada 17 Oktober tertunda akibat adanya polemik mengenai pemilihan lokasi. Awalnya, PSSI telah sepakat untuk menggelar hajatan induk sepakbola tersebut di Makassar sesuai dengan keputusan di Kongres Luar Biasa (KLB) di awal Agustus lalu.

Akan tetapi, kemudian Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, mengeluarkan rekomendasi agar kongres tersebut dilaksanakan di Yogyakarta dengan alasan PSSI lahir di kota itu.

Di sisi lain, PSSI bersikeras ingin kongres tetap di Makassar dengan alasan tidak ingin melanggar statuta. Silang pendapat tersebut menciptakan polemik tersendiri sebelum pelaksanaan kongres. Demi kebaikan bersama, PSSI dan Menpora kemudian bertemu, dan sempat dikabarkan menghasilkan keputusan kongres akan berlangsung di Jakarta.

Namun, keputusan tersebut dibantah PSSI dan menegaskan kongres tetap di Makassar. Hingga akhirnya, induk sepakbola dunia, FIFA mengirimkan surat yang menyatakan bahwa kongres ditunda hingga 10 November mendatang.

Jelang kongres PSSI tersebut, Menpora dikabarkan akan turut hadir. Akan tetapi, baru-baru ini Imam Nahrawi menegaskan bahwa hingga saat ini ia belum menerima undangan dari PSSI, hingga belum bisa memberikan kepastian.

“Saya belum tahu, saya akan tunggu undangannya. Kalau saya diundang dan saya ada waktu, saya akan datang,” ujar Cak Imam.

Jika nantinya Menpora benar-benar hadir dalam kongres, maka akan menjadi kali pertama pria berusia 43 tahun tersebut menghadiri hajatan besar voters atau pemilik suara PSSI.

Sejak menjabat sebagai Menpora pada Oktober 2014, pria asal Jawa Timur itu selalu absen di Kongres PSSI dan selalu diwakilkan oleh pejabat di bawahnya.

Tercatat, sudah tiga Kongres PSSI yang tidak dihadiri Cak Imam, yakni, Kongres Tahunan di Hotel Borobudur, Jakarta, Kongres Luar Biasa Pemilihan Ketua Umum di Hotel J.W. Marriot, Surabaya, dan terakhir Kongres Luar Biasa di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY