Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menargetkan timnas Indonesia bisa masuk final Piala AFF 2016. Pencapaian ini akan menjadi pertimbangan untuk mengirimkan tim sepak bola ke SEA Games 2017 di Malaysia.

Terkait target tersebut, asisten pelatih timnas Indonesia Wolfgang Pikal irit bicara. “Untuk target itu, saya tidak mau komentar dulu. Kami harus fokus pada sisa 16 hari latihan ini,” kata Pikal kepada Republika.co.id, Jumat (28/10).

Pikal menjelaskan, selama pemusatan latihan di Karawaci, Tangerang mulai Jumat (28/10) ini hingga 1 November 2016, tim pelatih akan berusaha memperbaiki seluruh aspek permainan tim yang masih lemah. Dia mengaku optimistis dengan sisa waktu ini bisa menjalani latihan maksimal.

“Kita masih akan usahakan semua aspek yang masih harus diperbaiki dan juga sudah meningkat dari latihan-latihan sebelumnya, termasuk juga fisik pemain,” tutur Pikal.

Selain itu, pemusatan latihan di Karawaci juga akan fokus terhadap teknik dan taktik skuat Garuda untuk menghadapi laga Piala AFF 2016 mendatang.

Pikal menyatakan agenda latihan baru akan dimulai Sabtu (29/10) dengan dua sesi pada pukul 08.00 WIB dan 16.00 WIB, sementara pada hari ini semua pemain baru saja tiba di Karawaci. Usai melakukan pemusatan latihan, maka pada 2-9 November 2016 akan melakoni pertandingan uji coba melawan Myanmar dan Vietnam.

Selanjutnya, timnas kembali menggelar pemusatan latihan hingga 16 atau 17 November sebelum berangkat melakoni laga Piala AFF 2016.

Sebelumnya, Kemenpora memberikan syarat kepada Timnas Indonesia untuk mendapatkan posisi kedua dalam ajang Piala AFF 2016 agar bisa mengikuti SEA Games 2017. Syarat tersebut dikeluarkan karena Satlak Prima juga menargetkan cabang olahraga yang diikuti di SEA Games harus merebut medali emas atau perak. (Republika)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY