Striker jebolan Jong Ajax Amsterdam, dipastikan akan kembali bergabung bersama skuat timnas Garuda Indonesia U-22. Manajer Ezra, Wide Ananda mengungkapkan, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), sudah resmi meminta agar pemain 19 tahun tersebut, kembali ke pemusatan latihan timnas.

“Iya, sudah diminta. Nggak lewat surat. Tetapi PSSI (Persatuan Sepak Bola Indonesia) ada menghubungi untuk kembali latihan (bersama timnas), tanggal 5 (Agustus),” ujar Wide saat dihubungi dari Jakarta, pada Rabu (26/7). Ia mengungkapkan, Ezra pun sudah menyatakan kesiapannya kembali ke kamp pelatihan asuhan coach Luis Milla Aspas tersebut. “Yang pasti sebelum tanggal 5 (Agustus) Ezra sudah ada di Indonesia,” sambung dia.

Ezra, memang menjadi salah satu harapan bagi kebangkitan timnas Indonesia. Pemain berdarah Belanda dan Manado tersebut, atas kemauannya sendiri, resmi menjadi warga negara Indonesia sejak Maret lalu. Statusnya sebagai salah satu pemain muda terbaik milik Ajax Akademi Belanda itu, tentu membuncahkan harapan agar timnas Indonesia, punya prestasi yang lebih baik.

Ezra, sudah sempat mengenakan seragam Garuda Indonesia, saat Indonesia menjamu Myanmar, sehari setelah dia pegang Paspor Indonesia, Selasa (23/3). Saat pertandingan tersebut, Ezra mulai turun lapangan, pada babak kedua. Sayang, debutnya bersama timnas ketika itu, berakhir kekecewaan dengan kekalahan 1-3.

Setelah itu, Ezra juga beberapa kali dilibatkan ikut pemusatan latihan timnas Garuda. Terakhir kali, namanya juga ada di dalam daftar penggawa pilihan Milla untuk kualifikasi Piala Asia U-22 2018. Sayangnya Ezra batal berseragam timnas di gelaran tersebut.

Saat pemusatan latihan, Ezra terserang virus, yang memaksanya mengalami cedera persendian. Selama kualifikasi Piala Asia tersebut, Indonesia gagal ke putaran final setelah mengakhiri putaran penyisihan Grup H, di peringkat ketiga. Meski demikian, Ezra tetap menjadi salah satu striker yang diandalkan Milla, digelaran timnas selanjutnya. Timnas Garuda, usai pulang dari kualifikasi Piala Asia, sementara ini diistirahatkan.

Pelatih Milla, atas persetujuan PSSI, memulangkan seluruh pemain ke masing-masing kesebelasan. Sekertaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria mengatakan, Rabu (26/7), para pemain timnas tersebut, dibolehkan kembali turun lapangan membela skuatnya masing-masing pada lanjutan kompetisi Liga 1 2017.

Menurut Ratu, Milla akan kembali memanggil pemain timnas U-22, pada bulan mendatang. PSSI, terang dia, sudah menjadwalkan kembali pemusatan latihan timnas, pada Sabtu (5/8) mendatang. Pemusatan latihan tersebut, rencananya akan difokuskan di Lapangan Sekolah Pelita Harapan (SPH), Karawaci, Tangerang. (Republika)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY