Pesepakbola berbakat Ezra Walian akan diambil sumpah sebagai WNI (Warga Negara Indonesia), Kamis (18/5/2017) siang. Menurut informasi dari Sekretaris Kemenpora, Gatot S Dewa Broto, pemain keturunan Belanda itu akan diambil sumpah di Kanwil Kementerian Hukum dan HAM.

Ezra sejak 20 Maret 2017 lalu sudah bisa memperkuat timnas Indonesia menyusul telah ditandatanganinya Keputusan presiden (Keppres) oleh presiden Joko Widodo. Ezra diberi waktu selama tiga bulan untuk melakukan sumpah menjadi WNI.

Jika lebih dari tiga bulan tak kunjung mengambil sumpah maka Keprres yang ditandatangani Jokowi tersebut akan batal demi hukum.

“Memperhatikan keputusan pimpinan DPR RI nomor 1/Pimp/IV/20162017 tanggal 16 Maret 2017 tentang pertimbangan DPR RI terhadap kewarganegaraan atas nama Ezra Harm Ruud Walian untuk ditetapkan sebagai Warga Negara Indonesia ,” demikian bunyi Keppres tersebut.

“Mengabulkan permohonan kewarganegaraan Republik Indonesia atas nama Ezra Harm Ruud Walian, lahir di Amsterdam, 22 Oktober 1997, untuk menjadi Warga Negara Indonesia.”

Ezra sudah menjalani debut di timnas Indonesia 21 Maret lalu. Ketika itu Ezra dimainkan pelatih Luis Milla pada laga uji coba timnas Indonesia melawan Myanmar.

Pemuda 19 tahun itu masuk sebagai pemain pengganti. Dia mendapat kehormatan memakai nomor punggung 10. Sayangnya pada laga debut tersebut Ezra gagal mencetak gol. Timnas Indonesia juga dibantai oleh Myanmar 1-3.

Ezra dipersiapkan untuk membela Indonesia di cabang sepak bola putra SEA Games 2017 di Malaysia.

Ezra sendiri baru saja memutuskan akan meninggalkan Jong Ajax (klub junior Ajax Amsterdam). Dia tidak akan memperpanjang kontraknya yang habis akhir musim ini.

Setelah memutuskan meninggalkan Ajax, banyak klub Indonesia yang melirik Ezra. Namun belum membuat keputusan klub mana yang akan dibelanya musim depan. Ezra memilih memprioritasan memperkuat klub Eropa ketimbang main di Indonesia.

“Saya tidak tahu kapan akan dapat bermain di klub di sini. Mungkin sekitar lima tahun lagi saya ke sini (bermain di klub Indonesia),” ungkap Ezra Walian kepada wartawan di Tangerang, Sabtu (25/3/2017). (Liputan 6)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY