Langkah tim nasional Indonesia yang berhasil melaju ke babak semifinal Piala AFF 2016 disambut antusias oleh publik sepakbola Tanah Air. Meski mengalami hasil buruk di awal penampilannya di penyisihan Grup A, namun skuat Merah Putih mampu membuktikan peningkatan hasil kinerja mereka dan lolos ke fase 4 besar.

Kini, harapan besar pun disematkan kepada para penggawa Garuda agar tak membuang peluang untuk bisa merengkuh gelar juara perdana ajang bergengsi se-Asia Tenggara tersebut. Meski hanya berlabel runner up Grup A, namun performa tim besutan Alfred Riedl yang kian membaik terus mencuri perhatian untuk melaju lebih jauh lagi.

Sekilas jika melihat perjalanan Indonesia kali ini, maka ada sekelumit cerita yang dapat menginspirasi Boaz Solossa cs untuk tidak ragu-ragu membidik gelar juara tahun ini. Rival yang juga negara serumpun skuat Merah Putih, Malaysia rupanya pernah melakoni misi berat yang berujung manis tersebut.

Ya, perhelatan Piala AFF 2010 setidaknya bisa menjadi gambaran bagaimana tim yang pada awal turnamen terseok-seok dan ada di ujung tanduk untuk bisa bertahan, justru mampu menutup kiprahnya dengan menjadi yang terbaik di dataran Asia Tenggara.

Harimau Malaya yang kala itu dibesut Raja Gopal harus kalah telak 1-5 di laga perdana oleh Indonesia yang berstatus sebagai tuan rumah penyisihan Grup A. Di pertandingan kedua, Safee Sali cs juga hanya mampu mendulang poin satu hasil imbang tanpa gol dengan Thailand.

Namun, keajaiban datang di laga terakhir kala Malaysia menang telak 5-1 atas Laos dan Thailand menyerah 1-2 dari Indonesia yang membuat Malaysia lolos sebagai runner up grup dengan mengemas poin 4. Situasi tersebut sama persis dengan tim Garuda di penyisihan grup Piala AFF 2016 kali ini yang membuka jalan ke semifinal.

Kebangkitan Malaysia ketika itu pun menjelma sempurna usai menggasak juara grup B, Vietnam dengan agregat 2-0 di semifinal dan berjaya di partai puncak dengan menjungkalkan Cristian Gonzales cs lewat keunggulan agregad 4-2 untuk mengangkat trofi Piala AFF 2010.

Berikut perjalanan timnas Malaysia menuju tangga juara Piala AFF 2010:

Penyisihan Grup A (GBK, Jakarta):

Indonesia 5-1 Malaysia

Malaysia 0-0 Thailand
Malaysia 5-1 Laos

* Lolos ke semifinal sebagai runner up Grup A dengan poin 4.

Semifinal (kandang-tandang):

Malaysia 2-0 Vietnam
Vietnam 0-0 Malaysia

* Lolos ke final dengan agregad 2-0

Final (kandang-tandang):

Malaysia 3-0 Indonesia
Indonesia 2-1 Malaysia

* Juara dengan agregad 4-2. (Viva)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY