Timnas U-16 Indonesia punya julukan baru pada 2017 ini, yakni Garuda Asia. Ternyata banyak alasan yang melatari julukan anak asuh Fakhri Husaini tersebut.

Biasanya, timnas di usia muda dijuluki Garuda Muda. Namun, pada 2017 ini dua tim muda, punya panggilan yang berbeda.

Timnas U16 dijuluki Garuda Asia, sedang timnas U-19 Garuda Nusantara. Banyak yang belum tahu mengapa timnas U-16 dijuluki Garuda Asia.

“Terus terang dari awal saya memegang tim ini sebagai manajer, saya harus terus memutar otak untuk mendapat julukan penyemangat bagi timnas U-16 ini. Dan akhirnya kami putuskan adalah Garuda Asia,” ujar Manajer timnas U-16, Kelik Wirawan dalam laman resmi PSSI.

Imbuhnya, “Diharapkan kedepannya, para pemain timnas U-16 mampu mewakili pemain Asia bersaing di level dunia. Terutama menjadi lecutan bagi mereka semua untuk berlatih keras demi mewujudkan impian ini. Tentunya akan sangat membanggakan jika nanti akan muncul pemain level dunia asal Asia yang berasal dari Indonesia.”

Kelik melanjutkan ingin mencetak bibit muda kelas internasional dari Asia. Sejauh ini, pemain Asia menurutnya cuma berasa dari Jepang, Arab, Korea, dan Tiongkok.

“Saya ingin, anak-anak ini (timnas U-16) nantinya bisa ada yang tampil di pentas global dari Asia. Indonesia pun dilirik oleh dunia karena sepak bolanya. Itu filosofinya mengapa kami namakan Garuda Asia,” tandas dia. (Jawapos)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY