Pelatih Kiper Timnas Indonesia, Gatot Prasetyo, membeberkan alasan mengapa Kurnia Meiga tampil dalam tiga pertandingan berturut-turut di babak penyisihan Grup A Piala AFF 2016.

Menurutnya, dipilihnya Meiga untuk menjadi penjaga gawang utama lantaran sudah berdiskusi dengan baik oleh jajaran tim pelatih timnas.

Gatot mengakui ia tidak berhak untuk memutuskan siapa kiper yang akan turun dalam babak penyisihan grup kemarin.

Sebab, ia hanya bertugas untuk menyiapkan kiper dan memilihnya yang akan tampil di bawah mistar gawang Indonesia.

“Keputusan itu semua di pelatih kepala (Alfred Riedl),” ucap Gatot di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Sabtu (26/11/2016).
Gatot juga menjelaskan saat melawan Filipina, Meiga memang sengaja diturunkan kembali karena ada beberapa alasan.

Padahal sebelumnya Meiga sempat mendapat komentar pedas dari masyarakat Tanah Air lantaran performanya kurang baik saat melawan Thailand.

Saat itu dia kebobolan empat gol yang masuk ke dalam gawangnya.
Namun, saat melawan Filipina dan Singapura, Meiga kembali ditunjuk sebagai penjaga gawang Indonesia.
“Kemarin kami sempat berdiskusi, khususnya saat melawan Filipina, mereka bermain dengan bola-bola umpan jauh dan itu kelebihan Meiga untuk menjangkaunya. Jadi kami percayakan kepadanya,” ucap Gatot.

“Sama halnya dengan Singapura yang memiliki lemparan jauh ke kotak penalti. Itu dianggap Meiga yang lebih baik dan tentu pada hari H nya dia yang paling siap,” sambungnya.

Untuk laga semifinal nanti, Gatot masih belum tahu siapa kiper yang akan turun terlebih dahulu.
Sebab, ia masih harus melihat kondisi terakhir dari ketiga penjaga gawangnya, yakni Meiga, Andritany Ardhiyasa, dan Teja Paku Alam. (Bangkapos)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY