Pelatih PS TNI, Ivan Kolev mengeluarkan kritik keras soal pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-22 yang digelar saat kompetisi Liga 1 berjalan.

Dua pemain PS TNI ikut dipanggil dalam TC yang digelar pada 22-27 Mei 2017, mereka adalah kiper Ravi Murdianto dan bek Andy Setyo Nugroho.

Menurut Kolev, mengambil pemain dari klub bukan hal yang salah karena itu untuk kepentingan tim nasional, dengan catatan ada agenda resmi dari FIFA.

“Saya itu tak paham, sewaktu kompetisi mereka buat TC. (Apalagi) itu bukan dari FIFA, karena contoh, Andi itu pemain bagus sekali. Dia tidak bisa ikut latihan bersama kami,” ungkap Kolev, ditemui di Lapangan Pusat Pendidikan Zeni, Bogor.

Disebutnya, pemain yang kembali ke klub dari timnas tertinggal materi latihan yang sudah diberikan ke rekan-rekan lainnya.

“Dia tertinggal dari taktik dan strategi tim kita. Kalau dia bergabung kembali, dia bingung. Bagaimana kita bantu dia?” keluhnya.

“Kalau ada jadwal FIFA, oke, tidak apa-apa. Sekarang, mereka kumpul untuk latihan. Sementara pemainnya bisa latihan di sini juga.”

“Ini saya tidak paham itu, mereka tidak bantu, mereka ganggu, karena kalau kembali, dia (pemain) tidak tahu apa-apa,” keluhnya.

Pria asal Bulgaria menegaskan bahwa dirinya menghormati Pelatih Timnas Luis Milla, hanya saja pemanggilan pemain di tengah kompetisi disebutnya sebagai hal yang kurang tepat.

“Saya menghargai coach. Cuma yang saya kaget, kenapa pemainnya waktu sempit, dua pertandingan, persiapan untuk tim kapan? Untuk itu mereka harus kumpul setiap minggu? Ini pemain terbaik kita,” jelasnya.

Hal yang sama juga kerap dikeluhi Pelatih Persija Jakarta Stefano Cugurra Teco karena dua pemainya Muhammad Hargianto dan Ryuji Utomo.

Keduanya mendapat kesempatan bermain yang minim karena Teco menganggap sang pemain belum menyatu dengan tim akibat sering berlatih bersama timnas.

“Sayangnya dia (Hargianto) jarang sekali latihan bersama kami, sepak bola itu harus ada chemistry,” tambahnya,” ungkap Teco di Stadion Patriot usai Persija dikalahkan Madura United, Kamis (4/5/2017).

Pemain kelahiran 1996 itu baru menjalani pertandingan pertamanya untuk Persija di pekan ketiga Liga 1 menghadapi tuan rumah PSM Makassar.

Namun Hargianto saat itu baru turun di menit 89 menggantikan marquee player Bruno Lopes.

Catatan kini mulai membaik, pemain pinjaman dari Bhayangkara FC itu kini sudah mencatat tiga penampilan sebagai starter dan secara total empat kali bermain.

Sementara nasib kurang mujur dialami Ryuji yang baru mencatat satu penampilan bersama Ismed Sofyan dkk.

Eks pemain Al-Najma itu hanya mencatat satu penampilan, itu pun sebagai pemain pengganti di menit 84 mengantikan pemain senior Maman Abdurrahman.

Andai saja Maman tak cedera di pertandingan itu, Ryuji mungkin hingga saat ini belum mencatat penampilan bersama klub yang bermarkas di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi. (Tribunnews)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY