Kedatangan lawan dari Amerika Tengah Puerto Rico ternyata merogoh kocek yang dalam bagi PSSI. Direktur Hubungan Internasional PSSI Hanif Thamrin menyebut pihaknya memberikan dana sekitar Rp 600 juta kepada Federasi Sepak bola Puerto Rico (FPF) demi berlangsungnya uji tanding melawan Timnas Indonesia di Sleman pada Selasa (13/6) mendatang.

Dana tersebut merupakan alokasi yang diperuntukkan transportasi dari Puerto Rico hingga tiba di Yogyakarta untuk 27 orang rombongan. Jika dihitung-hitung, tim tamu membutuhkan dana Rp 23 juta per orang sehingga dana Rp 620 juta yang telah dibayarkan. Hanif menambahkan jika dana tersebut merupakan suatu keharusan bagi PSSI sebagai pihak pengundang.

“PSSI sebagai pengundang memang harus menanggung beberapa biaya buat timnas Puerto Rico. Salah satunya biaya transportasi dari San Juan sampai ke Sleman,” ujar Hanif dilansir Bolalob (10/6/2017).

“Ya kira-kira mungkin Rp 600 juta. Tinggal dihitung saja rombongan mereka sekitar 27 orang dan per orang biaya transportasinya kira-kira Rp 23 juta,” imbuhnya.

Lebih lanjut, untuk biaya penginapan dan transportasi Timnas Puerto Rico selama di Yogyakarta ditanggung sendiri oleh FPF. “Pokoknya PSSI menyerahkan uang untuk dikelola sendiri oleh Puerto Rico. Tapi sepertinya mereka memang memakainya untuk biaya transportasi. Soalnya untuk urusan transportasi lokal dan penginapan di Sleman, mereka yang mau bayar sendiri,” lanjut Hanif.

Kabar ini tentu cukup melegakan bagi media lokal Puerto Rico. Sebelumnya media dalam negeri futbolboricua.net menilai perjalanan El Hurac├ín Azul–julukan Puerto Rico– dinilai hanya pemborosan saja.

Di sisi lain, peringkat Indonesia yang jauh berada dibawah Puerto Rico juga disebut sebagai uji tanding yang tidak bermanfaat. Saat ini Puerto Rico berada di peringkat 133 FIFA, sedangkan Indonesia 42 lis dibawahnya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY