Keinginan Timnas Indonesia U-22 untuk mempersembahkan medali emas cabang sepak bola di SEA Games 2017 Kuala Lumpur akan mendapat tantangan berat. Hasil undian yang berlangsung di Kuala Lumpur terasa sangat mengerikan. Betapa tidak, Indonesia akan berada satu grup dengan Thailand, Vietnam, Kamboja, Timor Leste dan Filipina di Grup B.

Seperti diberitakan di Juara.net (8/7/2017), Grup B Cabang Sepak Bola SEA Games 2017 bisa disebut sebagai grup neraka. Pasalnya di grup ini tergabung Thailand dan Vietnam serta Indonesia. Selain itu juga ada tim kuda hitam Filipina.

Thailand menjadi penghalang utama bagi Indonesia untuk meraih juara SEA Games. Thailand adalah juara bertahan cabang sepak bola yang memenangi SEA Games 2015 di Singapura. Saat itu, Thailand menang 5-0 atas Indonesia di babak semi final.

Bukan hanya Thailand, masih ada Vietnam yang menjadi penghalang. Ketika itu, Vietnam juga mengalahkan Indonesia 5-0 pada perebutan medali perunggu alias peringkat ketiga.

Bagaimana dengan tuan rumah Malaysia? Mereka terbilang berada di grup yang lebih ringan. Berada di Grup A, Malaysia akan bergabung bersama Myanmar, Singapura, Laos, dan Brunei Darusalam. Praktis, hanya Myanmar dan Singapura yang menjadi saingan bagi Malaysia. Pada pertandingan di SEA Games nanti, dua tim teratas tiap grup akan maju ke semi final.

Menanggapi hasil undian tersebut, pelatih tim nasional U-22 Indonesia, Luis Milla, mengakui jika Vietnam dan Thailand akan menjadi saingan berat. Seperti diberitakan di Kompas.com (8/7/2017), Milla menyatakan belum fokus pada pertandingan SEA Games. Pasalnya pelatih asal Spanyol tersebut masih disibukkan dengan persiapan untuk tampil Kualifikasi Piala Asia U-23 2018 di Thailand pada 19-23 Juli 2017. Pada kualifikasi Piala Asia U-23, Indonesia tergabung dengan Thailand, Malaysia, dan Mongolia. Itu artinya, Indonesia dan Thailand akan menjadikan pertandingan itu sebagai pemanasan menjelang pertandingan di SEA Games.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY