Perjuangan Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 dinilai banyak pihak akan berjalan berat. Skuat racikan Alfred Riedl tergabung di Grup A bersama tuan rumah Filipina, Thailand, dan Singapura.

Dua tim terakhir adalah pemegang gelar terbanyak Piala AFF. Sementara Filipina merupakan tim dengan peringkat tertinggi di FIFA dari kawasan ASEAN. Terlebih persiapan Timnas Indonesia tidak ideal hanya dua bulan sebelum turnamen, itu pun dengan sistem pelatnas gelombang.

Namun, pandangan berbeda datang dari mantan kapten Indonesia di Piala Asia 2004, Agung Setyabudi. Eks pelatih Persis Solo itu menyebut Timnas Garuda tidak akan kesulitan dalam persaingan di fase penyisihan.

“Kalau ukurannya lolos semifinal jelas bisa. Saya rasa masih mudah kalau untuk melaju ke empat besar. Namun, untuk juara memang harus butuh kerja keras,” kata Agung kepada Bola.com, Minggu (30/10/2016).

Mantan pemain Arseto Solo itu mengakui jika persiapan Timnas Indonesia tidak ideal setelah terbebas dari sanksi FIFA. Namun, semangat juang dan motivasi para pemain dinilainya jadi modal besar untuk terjun ke pentas sepak bola terbesar di regional Asia Tenggara tersebut.

Agung berkaca pada agenda pemusatan latihan selama ini dan dua uji coba melawan Malaysia dan Vietnam. Dengan persiapan minim, timnas menurutnya mampu menunjukkan jati diri sebagai tim besar dan memiliki tekad untuk menang.

“Tinggal menjaga motivasi bertanding para pemain saja. Kalau soal kemampuan individu saya rasa masih berimbang,” ujarnya.

Saat ini, sebanyak 24 pemain mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia di lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci hingga 1 November 2016. Mereka plus tiga pemain, Andik Vermansyah, Irfan Bachdim, dan Stefano Lilipaly akan dibawa untuk uji coba kontra Myanmar pada 4 November, dan melawan Vietnam yang digelar pada 8 November 2016. (Bola.com)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY