Pelatih Timnas Indonesia U-16, Fachri Husaini, mengucapkan puji syukur atas keberhasilan tim asuhannya memenangi turnamen Tien Phong Plastic Cup 2017 yang digelar di Da Nang, Vietnam, 14-18 Juni 2017. Turnamen ini diikuti empat negara, termasuk Indonesia, Vietnam sebagai tuan rumah, Myanmar dan China Taipei.”Alhamdulillah, kami bisa juara di Vietnam. Hasil positif ini adalah berkat kerja sama dan kerja keras ofisial, tim pelatih, dan seluruh pemain,” kata Fachri.

“Saya bangga dengan semangat pantang menyerah, tidak kenal takut yang diperlihatkan pemain,” imbuhnya.

“Terima kasih kepada masyarakat pecinta sepak bola Indonesia yang telah mendukung serta mendoakan kami selama ini. Untuk staf pelatih, ofisial, dan pemain yang tidak berangkat ke Vietnam, saat ini berada di Cijantung, doa mereka juga punya andil atas keberhasilan kami,” lanjut sang pelatih.

Meski sudah memastikan pulang ke Tanah Air dengan gelar juara serta menyabet penghargaan Tim Fair Play, Pemain Terbaik, dan Top Scorer turnamen, Fachri meminta skuatnya untuk tidak terlena dengan keberhasilan ini. Pasalnya, tujuan utama ada di Piala AFF U-15 maupun kualifikasi Piala AFC U-16 2018 yang jadi jalan ke Piala Dunia U-17.

Terlebih, evaluasi akan tetap dilakukan karena permainan Timnas Indonesia U-16 masih belum maksimal. “Saya harapkan tidak membuat kami terlena karena tugas kami belum selesai. Tugas yang lebih berat di Piala AFF serta kualifikasi Piala AFC sudah menunggu kami pada bulan Juli dan September,” ujar Fachri.

Tim pelatih Timnas U-16 memang menjadikan turnamen Tien Phong Plastic Cup 2017 ini sebagai ajang pemanasan sebelum turun di Piala AFF U-15 2017, 9-22 Juli 2017, di Chonburi, Thailand. Fachri mengungkapkan bila keikutsertaan di turnamen Tien Phong Plastic Cup 2017 ini memberikan banyak pelajaran untuk pemainnya.

“Pengalaman mengikuti turnamen Vietnam memberikan banyak pelajaran, baik kepada individu pemain maupun kepada timnas secara keseluruhan. Evaluasi akan segera kami lakukan karena ada beberapa catatan penting yang perlu kami perbaiki,” tutur Fachri tanpa menjelaskan lebih detail perihal kekurangan tim asuhannya.

Selepas ini Timnas Indonesia U-16 kembali ke Tanah Air dan para pemain diberi kesempatan menikmati libur Lebaran sebelum dikumpulkan lagi mengingat kick-off Piala AFF U-15 2017 sudah dekat. Di Piala AFF U-15 2017, Timnas Indonesia U-16 tergabung di Grup A bersama Australia, Thailand, Laos, Myanmar, dan Singapura. (Bola.com)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY